Gedung e-Building Jl. Suryopranoto No.2 Ruko Harmoni Plaza Blok I No.1-4 Jakarta Pusat

SPESIALISASI

CAE Indonesia memberikan modul-modul terapan dalam menangani masalah perkembangan dan belajar anak berkebutuhan khusus

PESERTA

Peserta pelatihan di CAE Indonesia adalah guru, psikolog, orangtua, terapis, dan pemerhati pendidikan dan tumbuh kembang anak

KOMPETENSI

Lebih dari 1000 peserta pelatihan telah mendapatkan wawasan pengetahuan, metode mengajar, dan keterampilan dalam menangani pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus

MANFAAT

Para peserta pelatihan mendapatkan sertifikat sebagai kredential pendidik anak berkebutuhan khusus dan lisensi profesional sebagai terapis bermain

CAE INDONESIA

Cipta Aliansi Edukasi Indonesia (sebelumnya bernama College of Allied Educators Indonesia) adalah sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan yang memberikan kursus pelatihan kepada para pendidik – guru-guru, orang tua, dan pemerhati – untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus dalam mendidik anak-anak yang mengalami gangguan perkembangan dan anak-anak yang mengalami permasalahan belajar karena beragam kondisi.

Cipta Aliansi Edukasi (CAE) Indonesia memberikan standar dan sertifikat kompetensi kepada pendidik maupun profesional yang bekerja membantu penanganan anak berkebutuhan khusus. CAE Indonesia juga menyediakan program pelatihan yang diakui secara internasional (international certificate) untuk terapis bermain (play therapist) sebagai profesi yang bekerja membantu kesehatan mental dan emosi anak.

Read More

Login Member

Layanan Kami

Program Pelatihan Kompetensi Pendidik Pendidikan Inklusif (PKP2I)

Sebuah program yang disusun spesifik untuk para pendidik yang bekerja membantu pembelajaran anak berkebutuhan khusus terutama di tingkat dasar.

Program Pelatihan Kompetensi Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Program pelatihan yang dirancang untuk para pendidik di dunia pendidikan anak usia dini dan taman kanak-kanak, namun tidak mempunyai latar belakang pendidikan anak usia dini secara formal.

Program Pelatihan Postgraduate Certificate in Therapeutic Play Skill

Program pelatihan ini merupakan program profesi bagi orang-orang yang bergerak menangani masalah kesehatan mental, emosi, dan perilaku anak.

Program Pelatihan Intensif

Program pelatihan untuk mempelajari topik-topik tertentu untuk memperkaya pengetahuan dan memperlengkapi kemampuan guru-guru dan para profesional penggiat pendidikan anak (direktur sekolah/kepala sekolah/psikolog anak/terapis).

Program Pelatihan Profesional Konseling

Program pelatihan profesional konseling adalah program pilihan utama para individu yang memiliki passion di bidang konseling dalam memampukan orang lain menghadapi berbagai tantangan kehidupan.

"Setelah melaksanakan pendidikan play therapy saya merasa lebih mantap dan profesional dalam membantu anak-anak yang mengalami gangguan emosi, gangguan sosial, hiperaktif dan gangguan pengendalian diri. Selama pendidikan dan praktik klinis, saya merasa supervisor sangat efektif dalam melaksanakan fungsinya, sehingga keyakinan diri saya menjadi lebih kuat untuk melaksanakan play terapy . Saya juga merasakan adanya pengaruh pendidikan play therapy ini terhadap penguatan kecakapan-kecakapan saya sebagai staf pengajar dan juga sebagai konselor. Tampaknya pendekatan integratif dan holistik yang dilakukan dalam play terapi ini sangat efektif. Saya juga merasakan manfaat yang sangat besar karena kesempatan untuk melakukan riset praktis dalam play therapy terbuka lebar. Terimakasih."

Sri Milfayetty Guru Besar Universitas Negeri Medan & Konselor

"Sebagai guru sekolah regular, kami belajar banyak sekali di CAE. Mengapa saya katakan banyak sekali?Karena kami guru-guru di sekolah regular jarang sekali atau bahkan tidak pernah ada bimbingan atau pelatihan tentang anak ABK. Di CAE, kami mendapat penjelasan dari awal tentang anak ABK, mulai dari pengertian dan ciri-ciri, lalu bagaimana mengobservasi serta membuat assessment dan membuat program untuk pembelajaran individu sehingga paling tidak kami bisa memberikan pertolongan pertama pada anak ABK di sekolah regular yang notabene dianggap sekolah anak-anak "normal" tapi kenyataannya banyak sekali anak-anak yang memerlukan pendidikan dan penanganan khusus. Di sekolah, saya mulai memilah-milah anak berdasarkan pengetahuan yang saya terima dari CAE, bahwa tidak semua anak itu sama dan bisa diperlakukan sama karena memang kehidupan kita pun inklusi yang tiap pribadi berbeda. Oleh karenanya, saya mulai mengobservasi anak-anak saya sehingga saya bisa tahu cara belajar yang dominan pada anak didik saya. Apakah termasuk anak-anak kategori visual Learner, audiotory learner, atau kinestetik learner.Saya juga mulai menangani anak-anak yang lambat belajar dengan metode-metode yang diajarkan di CAE. Misalnya anak tidak paham perkalian 3 digit, saya buatkan alat bantu visual dengan gambar urutan mengerjakan perkalian 3 digit. Saya juga mendekati dan berusaha memberikan perhatian khusus kepada anak-anak yang mengalami perkembangan lebih lambat dibandingkan dengan anak lainnya di kelas saya"

Min Rosmini Guru kelas di SDN Kebon Kosong 18 Pagi Jakarta

"Play therapy is a very meaningful experience for me. From play therapy I can find and explore myself more. Not only that but I can help children with emotional problems, social skills problem and also behavioural problem. I had a deeper understanding about the child and can get more into them. I really recommend play therapy not only for the child but also for us as an adult."

Hanifah Clinical Psychologist in Peony Kids Centre

Artikel

Faktor-faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan pendidikan inklusi

Apakah dengan menempatkan anak didik yang memiliki beragam kemampuan berbeda secara mencolok dalam satu kelas belajar akan mempengaruhi keberhasilan pencapaian akademik sekolah secara keseluruhan? Apakah penerapan pendidikan inklusif akan mempengaruhi standar pendidikan yang diterapkan sekolah?

Selengkapnya

Seminar Bergerak & Bermain

Seminar Bergerak & Bermain: Langkah Awal Menuju Cerdas, seminar untuk orang tua dan guru.

Selengkapnya

Strategi Pembelajaran Pendidikan Inklusi Di Dalam Kelas

Pendidikan inklusif adalah sebuah proses mengkombinasikan semua siswa siswi didalam kelas - ini termasuk kepada siswa siswi yang mempunyai kekurangan secara fisik dan emosi.

Selengkapnya

Hak Setiap Anak Indonesia

Seorang ayah ingin sekali menyekolahkan anaknya yang mempunyai kekurangan disekolah regular atau umum. Pihak sekolah ada keraguan untuk menerima anak tersebut tapi sang ayah tetap memaksa

Selengkapnya

Pendidikan di Indonesia

Di Indonesia kita mengenal sistem pendidikan mulai dari tingkat dasar (SD), tingkat menengah (SMP) dan tingkat atas atau kejuruan (SMA / SMK).

Selengkapnya

MITRA & AKREDITASI

Tim Kami

Kevin Ivander

0821 1013 8251

kevin@cae-indonesia.com

Yudi Hartanto

0817 6028 863

yudi@cae-indonesia.com

Dominika

0815 8666 4404

dominika@cae-indonesia.com

Herlina Irianthina Ambarita

0815 1138 1858

herlina@cae-indonesia.com