Gedung e-Building Jl. Suryopranoto No.2 Ruko Harmoni Plaza Blok I No.1-4 Jakarta Pusat

PROGRAM

Program Pelatihan

Cipta Aliansi Edukasi di Indonesia telah melangsungkan beberapa program pelatihan dengan dua bahasa pengantar: Indonesia (bahasa) dan Inggris (english). Program pelatihan yang diberikan, yaitu:

images

Program Pelatihan Kompetensi Pendidik Pendidikan Inklusif (PKP2I) - sebuah program yang disusun spesifik untuk para pendidik yang bekerja membantu pembelajaran anak berkebutuhan khusus terutama di tingkat dasar. Tujuannya agar setiap pendidik yang bekerja menangani anak didik dengan permasalahan belajar dapat mengidentifikasi dan mengukur (assessment) pelbagai kondisi kekhususan anak, serta kemudian dapat menyusun rencana program pembelajaran indvidu serta mampu memberikan evaluasi atau remedial pada anak berkebutuhan khusus di jenjang Sekolah Dasar (SD). Fokus area kekhususan yang dipelajari di program PKP2I ini adalah: Autism Spektrum Disorder, Attention Deficit Hyperactivity Disorder, Emotional Behavior Disorder, Learning Disabilities, dan Gifted Talented.



images

Program Pelatihan Kompetensi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Early Childhood Educators Training Program) - adalah program pelatihan yang dirancang untuk para pendidik di dunia pendidikan anak usia dini dan taman kanak-kanak, namun tidak mempunyai latar belakang pendidikan anak usia dini secara formal. Tujuan pelatihan ini terutama dapat memperlengkapi setiap guru dengan pemahaman yang benar dan keterampilan memadai dalam menerapkan kurikulum pendidikan anak usia dini sesuai aspek perkembangan anak. Selain itu diharapkan setiap guru yang mengikuti pelatihan ini dapat mengidentifikasi gejala dari gangguan perkembangan sejak usia dini dan dapat bekerja sama dengan orangtua dalam mengupayakan intervensi yang tepat guna mendukung kesiapan anak didik untuk masuk ke jenjang pendidikan dasar.



images

Program Pelatihan Postgraduate Certificate in Therapeutic Play Skill - merupakan program Cipta Aliansi Edukasi bekerja sama dengan The Academy Play & Child Psychotherapy (APAC) sebagai lembaga yang diakui oleh Play Therapy International untuk mengeluarkan sertifikasi kompetensi di bidang Terapi Bermain (therapeutic play skill) di semua negara. Program pelatihan ini merupakan program profesi bagi orang-orang yang bergerak menangani masalah kesehatan mental, emosi, dan perilaku anak. Para peserta yang mengikuti program Postgraduate Certificate in Therapeutic Play Skill ini harus mengikuti standar pelatihan yang disusun oleh Play Therapy International untuk mendapatkan sertifikasi yang berlaku secara internasional sebagai praktisi-terapis bermain (play therapy).

Terapi bermain menggunakan berbagai macam pendekatan yang berbeda seperti pasir, menggambar, musik, tanah liat, permainan, boneka tangan untuk anak-anak mengkomunikasikan emosi dan kebutuhannya yang tidak mudah diekspresikan. Riset sudah membuktikan bahwa terapi bermain menjadi pendekatan terapi yang efektif dalam meringankan masalah emosi dan perilaku anak-anak. Program ini menjadi salah satu jawaban untuk memberikan layanan yang terbaik bagi kesehatan mental dan emosi anak-anak di Indonesia.



images

Program Pelatihan Intensif - adalah program pelatihan yang disusun dalam jangka waktu 3-5 hari dengan durasi 18-30 jam, mempelajari topik-topik tertentu untuk memperkaya pengetahuan dan memperlengkapi kemampuan guru-guru dan para profesional penggiat pendidikan anak (direktur sekolah/kepala sekolah/psikolog anak/terapis). Topik-topik pelatihan intensif yang pernah diselenggarakan: Basic Therapist Training Applied Behavior Analysis, A Perfect Combination & Comprehensive Treatment for Children with Special Needs, Child Psychology & Counselling, Memahami Perkembangan Wicara-Bahasa dan Gangguan Perkembangan Wicara-Bahasa.



images

Program Pelatihan Profesional Konseling - merupakan program pelatihan yang disusun untuk memperlengkapi kemampuan (skill) konselor profesional. Program pelatihan profesional konseling adalah program pilihan utama para individu yang memiliki passion di bidang konseling dalam memampukan orang lain menghadapi berbagai tantangan kehidupan. Program ini diadakan paruh waktu untuk mempersiapkan dan memperlengkapi peserta dengan kemampuan untuk bekerja secara efektif sebagai seorang konselor yang kompeten. Peserta dibekali dengan teori, analisa, konsep, dan teknik kemampuan konseling. Melalui pelatihan ini, para peserta diharapkan mampu untuk mengaplikasikan kemampuan konseling dalam berbagai situasi yang dihadapi. Pelatihan difasilitasi oleh pengajar yang berkualitas yang juga praktisi, kelas interaktif, kesempatan untuk praktek dan dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan formal lebih lanjut.