Gedung e-Building Jl. Suryopranoto No.2 Ruko Harmoni Plaza Blok I No.1-4 Jakarta Pusat
  • 021 - 632 3399
  • info@cae-indonesia.com
  • Masuk

Artikel

Anak Cerdas Istimewa dan Berbakat Istimewa

image


Bagaimana mengidentifikasi ciri anak jenius dan dapat membedakannya dengan anak yang memiliki gangguan perkembangan seperti autism, adhd, ataupun disleksia?

Jacob Barnett sejak kecil didiagnosis autism yang cukup berat. Dokter bilang Jacob Barnett tidak akan bisa belajar, bahkan untuk mengikat tali sepatunya sendiri.. tapi kenyataan berkata lain. Jacob menyelesaikan pelajaran sekolah kelas 6 hingga sma hanya dalam waktu satu tahun! Usia 10 tahun dia sudah kuliah.. Usia 19 tahun ia mengejar Ph.D-nya di bidang fisika.. wow, luar biasa bukan?
 
Jacob Barnett adalah salah satu anak jenius.. anak jenius atau gifted-talented (cerdas istimewa berbakat istimewa dalam terminologi pendidikan di Indonesia) kadang-kadang mengalami disinkronitas gangguan perkembangan.. karena itu anak gifted-talented sangat mungkin disalahpahami dan mendapat perlakuan yang salah pula yang dapat mempengaruhi proses tumbuh kembang dan pembelajaran anak. Bagaimana mengidentifikasi ciri anak jenius dan dapat membedakannya dengan anak yang memiliki gangguan perkembangan seperti autism, adhd, ataupun disleksia?
 
Menarik mempelajari tentang anak-anak jenius atau gifted ini! 
 
Sumber :
http://lifestyle.kompas.com/read/2018/01/26/180715720/inilah-8-orang-dengan-iq-melebihi-einstein