Gedung e-Building Jl. Suryopranoto No.2 Ruko Harmoni Plaza Blok I No.1-4 Jakarta Pusat
  • 021 - 632 3399
  • info@cae-indonesia.com
  • Masuk

Artikel

Kesehatan Emosi Penting untuk Pertumbuhan Anak

image


Emosi adalah aspek penting dalam pertumbuhan anak, karena dapat mempengaruhi banyak aspek seperti perilaku, prestasi, dan lainnya

Emosi adalah aspek penting dalam pertumbuhan anak. Karena emosi mempengaruhi perilaku.. emosi mempengaruhi potensi dan prestasi.. emosi juga mempengaruhi kemampuan anak membangun hubungan personal dan sosial di lingkungannya..
 
Bagaimana membantu anak agar bertumbuh dengan emosi yang sehat?
Bagaimana memproses perkembangan emosi anak agar dapat membantu mereka memandang setiap hal dengan positif?
 
Silakan lihat video "Indonesian Stories of Healing through Play Therapy": https://www.youtube.com/watch?v=y4DhztX5vaI
 

Praktek Play Therapy untuk Membantu Anak

Bermain adalah kegiatan yang menyenangkan untuk membantu perkembangan anak secara utuh. Dengan bermain anak berkembang lebih baik secara fisik, intelektual, sosial, moral dan emosional. Ketika anak menghadapi masalah, anak sulit mengontrol emosinya dan menunjukkan perilaku negatif.
 
Ada contoh kasus riil terjadi. Beni (bukan nama sebenarnya),mengalami keadaan dimana kedua orangtuanya bercerai. Dampak dari keadaan itu membuat Beni mempertanyakan apakah orang-orang di sekitarnya sayang kepada dirinya? Beni menunjukkan perilaku yang agresif seperti memukul dan meledek. Hal ini tentunya membuat orangtuanya kuatir dan bingung dengan kondisinya. Bagaimana kita dapat menolongnya?
 
Terapi bermain adalah sebuah metode yang dapat membantu anak bermasalah menolong dirinya sendiri. Anak dapat dibantu dengan mempunyai hubungan yang baru agar anak merasakan penerimaan, mendapatkan perhatian khusus, belajar mengenali perasaan, eksperimen dengan aman untuk mengalami proses yang membantu anak menemukan solusi untuk problemnya.
 
Riset terbaru dari Play Therapy International menunjukkan 77 % anak yang mengalami problem emosi, perilaku, sosial dan mental mengalami perubahan yang positif melalui terapi bermain. Info: http://playtherapy.org/Resources/Research
Riset membuktikan bahwa Terapi Bermain sebagai pendekatan terapi yang efektif dalam membantu anak-anak dengan masalah emosi, perilaku, sosial dan kesehatan mental. Juga anak dengan kondisi: korban kekerasan (emosional, fisik, seksual), mengalami perceraian orangtua, kurang menunjukkan performa akademis/sosial, keterlambatan perkembangan, korban & pelaku bullying, berduka, dan mengalami peristiwa traumatis, dll.
 
Bila ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut mengenai pelatihan bersertifikasi international untuk menjadi praktisi terapi bermain, silakan hubungi:
Yudi Hartanto (+628176028863) Email: yudiptindo@gmail.com
Christhoper Pratama (+6281808580083) Email: chrisptindo@gmail.com
 
Website:
www.playtherapy.org
www.apac.org.uk
www.playtherapy.id