Gedung e-Building Jl. Suryopranoto No.2 Ruko Harmoni Plaza Blok I No.1-4 Jakarta Pusat
  • 021 - 632 3399
  • info@cae-indonesia.com
  • Masuk

Artikel

Peristiwa Penembakan Kembali Dilakukan oleh Pelajar di Amerika Serikat

image


Kenapa seorang anak begitu berani melakukan penembakan yang mengakibatkan tewasnya orang lain?

Peristiwa penembakan di sekolah kembali terjadi di Amerika Serikat. Pelakunya diidentifikasi seorang pelajar berusia 17 tahun. Pertanyaannya, kenapa seorang anak begitu berani melakukan penembakan yang mengakibatkan tewasnya orang lain? Apa yang mendorong si anak hingga dapat melakukan tindakan yang begitu merusak bahkan kriminal?
 
Dari beberapa sumber diketahui bahwa pelaku adalah sosok yang kerap menjadi korban perundungan (bullying) Ia tidak memiliki banyak teman (sumber: businessinsider.sg). Informasi ini memberi sebuah petunjuk bahwa sesungguhnya anak mengalami tekanan emosi yang besar yang tidak dapat diselesaikannya dengan cara positif. Anak korban bullying cenderung mengalami tekanan emosi karena kurangnya rasa aman dan penerimaan dari lingkungan. Tekanan emosi yang tidak terproses dapat mengakibatkan penyimpangan mental dan karakter yang negatif.
 
Apa yang bisa dilakukan untuk membantu anak yang mengalami tekanan emosi karena beban perundungan (bullying) yang dialami sang anak agar kelak tidak membentuk mental kepribadian yang salah? Dalam pendekatan Terapi Bermain, emosi adalah inti penting yang harus diproses agar anak dapat keluar dari tekanan yang timbul. Melalui terapi bermain, anak mengalami “penerimaan” dengan apa adanya terlepas dari segala problem yang dihadapinya. Penerimaan mendatangkan rasa aman (security). Anak kemudian diharapkan dapat lebih baik melihat batasan yang sehat dalam merespon pelbagai persoalan - di dunia nyata - yang mungkin sulit dipahami sang anak.
 
Dengan Terapi Bermain, anak mulai memahami dirinya lebih baik dan dapat menyesuaikan diri dalam lingkungan yang lebih luas, serta belajar mendapatkan solusi yang sehat dari masalah yang dihadapinya.
 
#kesehatanemosimental
#anaksehatemosimental
#helpingchildrenwithplaytherapy
#playtherapy
#CAEIndonesia, #CAE
 
Info tentang Play Therapy:
www.cae-indonesia.com
www.playrherapy.org
www.playtherapy.id